Terdapat tiga suku Yahudi yang hidup di sekitar Yathrib (nama lama Medina), yakni Banu Qainuqa, Bani Nadir dan Banu Quraiza. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, mereka merupakan penduduk asli kota itu. Awalnya Muhammad mengira karena dia telah mengutuk agama pagan dan mengutip nabi2 Alkitab, maka kaum Yahudi dengan penuh semangat akan bersedia jadi pengikutnya. Bagian2 awal Qur’an penuh dengan kisah2 Musa dan Alkitab. Awalnya Muhammad memilih Yerusalem sebagai arah qibla sewaktu sembahyang, dengan harapan kaum Yahudi mau jadi pengikutnya. Ahli Muslim bernama W. N. Arafat menulis, “Sudah diterima umum bahwasanya Nabi Muhammad berharap para Yahudi di Yathrib yang adalah pengikut agama illahi, akan menunjukkan pengertian terhadap agama baru penyembah satu tuhan yakni Islam.” [64] Akan tetapi betapa herannya dia ketika mengetahui bahwa masyarakat Yahudi, sama seperti masyarakat Quraish, tidak peduli atas panggilannya. Setelah harapannya pupus dan kesabarannya habis, dia mulai bersikap bermusuhan terhadap mereka. Kau Yahudi tidak mau meninggalkan agama kakek moyang mereka untuk memeluk agama baru Muhammad. Penolakan ini membuatnya marah dan dia lalu mencari cara membalas dendam. Pembunuhan2 terhadap Abu Afak dan Asma hanyalah awal dari kebenciannya atas kaum Yahudi. Setelah merasa lebih percaya diri karena berhasil merampoki kafilah2 yang lewat, Muhammad mulai mengalihkan sasaran rampok kepada kekayaan kaum Yahudi di Yathrib dan mencari alasan untuk menyerang, mengenyahkan mereka dan merampas kekayaannya. Kemarahannya terhadap kaum Yahudi mulai nampak dalam ayat2 Qur’an yang disusunnya, di mana dia menuduh mereka tak berterimakasih kepada Allâh, membunuh nabi2 mereka dan melanggar hukum agama mereka sendiri. Dia bahkan bertindak lebih jauh lagi dengan mengatakan karena kaum Yahudi melanggar hukum Sabbath, maka Tuhan mengubah mereka jadi kera dan babi. [65] Sampai hari ini para Muslim tetap yakin bahwa kera dan babi adalah keturunan kaum Yahudi.
[64] Dari Jurnal Royal Asiatic Society of Great Britain and Ireland, (1976), hal. 100-107 Oleh W. N. Arafat
[65] Quran, 2:65, 5:60, 7:166
[64] Dari Jurnal Royal Asiatic Society of Great Britain and Ireland, (1976), hal. 100-107 Oleh W. N. Arafat
[65] Quran, 2:65, 5:60, 7:166