Pakar sains Swiss menemukan bahwa stimulasi elekytonik/listrik otak bisa menciptakan perasaan kehadiran seseorang yg tidak nampak (a "shadow person") yg mencontoh gerak-gerik tubuh kita.

physorg.com melaporkan :
Olaf Blanke dan rekan2 di the Federal Polytechnic School of Lausanne mengatakan, penemuan mereka bisa menjelaskan proses2
otak yg menyumbang bagi gejala2 schizophrenia, dimana seorang penderita merasa kelakuannya di-beo oleh orang lain.

Dokter yg mengevaluasi seorang wanita normal tanpa latar belakang problema psikiatris menemukan bahwa stimulasi bagian otaknya yg disebut the left temporoparietal junction membuatnya percaya bahwa ada seseorang yg berdiri dibelakangnya.

Sang pasien melaporkan bahwa "orang itu" melakukan gerak gerik persis sama dgn dirinya, walau itu hanya ilusi. Pada saat penyidikan, pasien diminta utk membungkuk kedepan dan memegang lututnya: ini mengakibatkan perasaan bahwa ‘orang bayangannya itu’ sedang memeluknya, yg dirasakannya sbg 'tidak nyaman.'

Penemuan ini bisa membuat kami semakin mengerti dampak2 psikiatris spt paranoia, perasaan dikontrol dan ditindas oleh mahluk ruang angkasa, demikian para neuroscientist (pakar ilmu saraf).
Image
mahluk luar angkasa ...

Penemuan ini dilaporkan dlm sebuah dlm isu jurnal Nature minggu ini.

Mungkinkah penemuan ini menjelaskan apa yg didengarkan dan dirasakan Muhamad saat terbang ke surga ? Muhamad datang dari budaya yg percaya jin, malaikat, gendruwo, setan dan mahluk2 itu jugalah yg dilihatkan dlm halusinasinya. Dijaman itu berlangsung perdebatan ttg mereka yg percaya akan satu Tuhan, spt Yahudi, Kristen dan Hanifisme (sekte monotheis pra Islam yg merupakan kepercayaan Khadijah yg disebarkan di Arabia), versus mereka yg polytheis, spt yg dipercaya clannya Muhamad. Muhamad berpihak pada monotheisme yg lebih “eksotik”, ketimbang konsep tradisional religius yg dipercaya sukunya. Juga perlu diingat pengaruh Khadijah dlm menafsirkan halusinasi Muhamad.

Apa yg dialami Muhamad dirasakan benar2 terjadi, tapi ini hanya pengalaman mental. Ketika ia menceritakannya kpd Khadijah, apa yg dipikirkannya adalah bahwa suami tercintanya entah kesurupan atau disentuh malaikat. Jadi ketika Muhamad mengatakan kepadanya “Saya khawatir sesuatu akan terjadi pada saya”, ia menjawab, “Tidak mungkin ! Allâh tidak akan mempermalukanmu”. Karena ia tidak mampu menerima bahwa Muhamad menjadi gila, ia hanya memiliki satu2nya alternatif dan menyimpulkan bahwa ia pastilah dipilih menjadi nabi. Kalau bukan karena dukungan dan dorongan Khadijah itu, Muhamad akan merasa bahwa ia memang kemasukan setan dan ia akan menyadari kondisinya spt layaknya penderita epilepsi.

Onta Berlutut Karena Beratnya Wahyu

Muslim sering melebih2kan dan menyusun mukjizat2 yg kata mereka dilakukan Muhamad. Ini memang normal bagi pengikut aliran yg senang meng-atribusi mukjizat pada pemimpin mereka. Sebuah hadis mengatakan bahwa satu saat Muhamad menumpangi ontanya, datanglah sebuah wahyu, dan wahyu itu sedemikian beratnya sampai sang onta tidak tahan dan harus berlutut di tanah.

Image
Muhamad dan ontanya yg sedang keberatan wahyu ...

Berlututnya hewan itu merupakan indikasi berikutnya bahwa sang penumpang memang menderita epilepsi. Bonnie Beaver, pakar kelakuan hewan di the College of Veterinary Medicine at Texas A&M University, mengatakan “Anjing dan kucing dikenal telah memperingatkan orang saat kejang2 mereka akan dimulai. Sangat lazim bagi hewan utk meramalkan datangnya kejang2 pada pemilik mereka. Bahkan anjing tertentu bisa dilatih utk memperingatkan seorang penderita epileopsi akan datangnya sebuah serangan.”

Kemampuan meramalkan datangnya kejang2 ini tidak hanya terbatas pada anjing dan kucing. Hewan nampaknya memiliki indera yg tidak dimiliki manusia. Hewan bisa meramalkan datangnya gempa bumi, berjam2 sebelum gempa bumi itu tiba. Kuda dan ternak - khususnya - bisa merasakan datangnya badai.

Tgl 4 Januari 4, 2005 The National Geographic menulis:

“10 hari sebelum gelombang raksasa menghantam garis2 pantai Sri Lanka & India, hewan liar dan piaraan nampaknya tahu apa yg akan terjadi dan melarikan diri mencari tempat aman. Menurut saksi mata, gajah berseru2 dan berlarian ke tempat2 yg lebih tinggi, anjing menolak utk keluar rumah, flamingo meninggalkan dataran rendah, hewan2 di kebun binatang bergegas masuk kandang mereka dan tidak bisa dirayu agar keluar. Kepercayaan bahwa hewan piaraan maupun liar memiliki panca indera ke ename—dan mengetahui kapan bumi akan bergetar—sudah ada selama berabad2.

Pointnya adalah bahwa hewan bisa merasakan sesuatu, khususnya sebelum datangnya serangan epilepsy pada pemilik mereka, sesuatu yg tidak dapat dilakukan manusia. Tidak heran kalau seekor hewan menjadi stress atau berlaku kurang wajar menjelang detik2 pemiliknya akan kena serangan. Kami tahu bahwa istri2 ataupun sahabat2 Muhamad tidak merasakan apa2 saat ia “menerima wahyu”. Selama salah satu halusinasi-nya, Muhamad mengatakan kpd Aisha, “Ini Jibril. Ia mengirimkan salam dan salut kepadamu. Aisha menjawab, ‘Salut dan salam kepadanya juga.’ Lalu ia mengatakan kpd nabi, ‘Kau melihat apa yg saya tidak lihat.’”

Jadi, dgn adanya seekor onta yg bisa merasakan apa yg terjadi pada Muhamad, ini lagi2 indikasi bahwa ia kena serangan epilepsi.

Image
http://www.healthline.com/images/gale/b ... mg0138.jpg
Seorang penderita epilepsi, yg dihubungkan dgn peralatan pemantauan aktivitas otak, sedang duduk dgn anjingnya yg bisa meramalkan saat datangnya kejang2.